Dinamika Sinema Barat Tahun 2000-an

SINEMA Prancis senantiasa diparalelkan dengan Cannes Film Festival, namun sesungguhnya sinema Prancis dan eksistensi Cannes Film Festival adalah sebuah esai panjang tentang sejarah film dalam pergulatan dengan teori film. Sejarah sinema mencatat bahwa di awal masa emas Hollywood (1932-1946) yang begitu mendominasi dunia, kekecualian diletakkan pada sinema Prancis, yang melahirkan pendekatan realisme puitik lewat film-film Jean Renoir, seperti film Toni (1934), Grand Illusion (1937). Inilah pengolahan humanisme film bisu ala Chaplin dan teknik realisme. Maka, harap mafhum, sinema Prancis dalam hubungannya dengan Hollywood, seperti hubungan citra Cannes dengan Oscar—sebuah jam session yang berdialog. Sejarah sinema Prancis adalah oasis pergulatan teori-teori film sekaligus penciptaan dan penemuan bahasa film. Sejarah sinema mencatat, perdebatan intelektual tentang sinema yang paling menarik justru tumbuh di Prancis lewat majalah Cashiers du Cinema (1951) dengan redakturnya Andre Bazin. Cobalah simak, esai Francois Truffout (1954) Unecertaine Tendance du Cinema, yang seakan menjadi manifesto kaum New Wave Prancis. Dan simaklah, pemikiran serta film karya Jean Vigo, Jean Renoir, Godard, dan Agnes Varda.

Keywords :
Dinamika Sinema Barat Tahun 2000-an,
  • Downloads :
    0
  • Views :
    32
  • Uploaded on :
    23-12-2023
  • Penulis
    PDAT
  • Publisher
    TEMPO Publishing
  • Editor
    Tim Penyusun PDAT: Ismail, Asih Widiarti, Dani Muhadiansyah, Evan Koesumah
  • Subjek
    Seni & Hiburan
  • Bahasa
    Indonesia
  • Class
    -
  • ISBN
    -
  • Jumlah halaman
    60
Dinamika Sinema Barat Tahun 2000-an
  • PDF Version
    Rp. 75.000

Order Print on Demand : Print on Demand (POD)